BUMDes Taman Pertiwi Desa Wisata Pentagen Terus Dikembangkan

0
468

Kerinci, Suara Independent – Desa Pendung Talang Genting (Pentangen), Kecamatan Danau Kerinci merupakan salah satu desa di Kabupaten Kerinci yang telah berhasil mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

BUMDes Pentagen berhasil menjadikan objek wisata Taman Pertiwi menjadi primadona bagi para wisatawan. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan ekonomi masyarakat Desa Pentagen, Kecamatan Danau Kerinci.

Kades Pentagen Usman mengatakan awalnya kawasan wisata tersebut adalah lahan yang tidak digarap oleh masyarakat. Usman juga mengatakan awalnya daerah tersebut juga bukan bernama Taman Pertiwi, tetapi Maskapai yang merupakan tempat penjajah Belanda.

“Kita mulai merubah nama pada tahun 2015 lalu, dari Maskapai menjadi Kolam Pertiwi, dan saat ini sudah dikenal sebagai objek wisata BUMDes di Provinsi Jambi,” sebut Usman, Minggu (20/1).

Taman Pertiwi yang dikelola BUMDes ini berdiri sejak Januari 2017. Namun baru dibuka sebagai objek wisata untuk umum Januari 2018.

“Taman Pertiwi pengunjung bisa melihat kolam ikan pertiwi yang berisi ribuan ikan di dalamnya. Ikan di dalam kolam tersebut terbilang jinak,” kata Usman.

Dikatakannya lagi, untuk mengembangkan Taman Pertiwi ini, pihaknya mengalami kendala, karena saat ini masih ada satu hektar lahan yang belum digarap, karena terkendala alat berat, masyarakat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci membantu mendatangkan alat berat untuk mengali rawa yang nantinya akan dijadikan kolam ikan.

“Nanti kita juga akan membangun lapangan tenis, homestay dan menambah permainan disini, supaya wisatawan semakin ramai yang berkunjung disini, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kerinci Adirozal, mengatakan bahwa dari 285 Desa dan 2 Kelurahan yang ada di Kabupaten Kerinci, 148 Desa diantaranya sudah memiliki BUMDes.

“Ada yang sudah maju dan ada yag sedikit lamban, dan ada yang harus dipacu. Tapi kita bertekada, Bumdes harus terus lebih baik,” ujar Adirozal.

Ia juga meminta Camat kreatif agar desa yang ada di bawah mecamatan masing-masing bisa maju seperti Bundes Pentagen. “Kita juga memohon bimbingan terus dari Jambi, untuk bisa bersaing dikancah naisonal,” tegasnya.

Terkait dengan permintaan Kades Pentagen, Bupati Kerinci, Adirozal langsung memerintahkan Dinas Perikanan untuk menurunkan alat berat ke Pentangen untuk membantu pengerukan lahan yang belum dikeruk tersebut.

“Jika alat berat Dinas Perikanan tidak ada, nanti Sekda yang akan memerintahkan Dinas PUPR Kerinci untuk menurunkan alat berat kesini, usahakan cepat, karena saat ini belum banyak pekerjaan yang dilakukan, jadi alat berat bisa dibawa kesini,” kata Adirozal.( Humas  / Adv )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here