Bupati Sarolangun H. Cek Endra Dampingi Menteri PPN Resmikan PLTMH

0
305
SAROLANGUN, SI – Bupati Sarolangun H. Cek Endra pada Rabu ( 5/9/2018 ) mendampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN),Kepala Bappenas RI, Bambang PS Brojonegoro, Peltu Gubernur Jambi H.  Fachrori Umar meresmikan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenagga Mikro Hidro ( PLTMH) berlokasi di Desa Lubuk Bangkar Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun

Dalam acara tiu  turut hadir  Deputi Country UNDP Mr Sopie Cumhaje, Kepala BAZNAS, Bambang Sudibyo, Direktur EBTKE ESDM Nur Arifin Muhammad, Wakil Bupati H Hillalatil Badri, Direktur Utama Bank BPD Jambi M Yani, Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, SIK, MAP, Dandim 042 Sarko Letkol Kav Rohyat Happy Ariyanto.

Sekda Sarolangun Tabroni Rozali,dan Peltu  Kepala OPD Kabupaten Sarolangun, serta Baznas Provinsi dan Kabupaten Sarolangun,  unsur tripika kecamatan Kades Lubuk Bangkar.

Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra menyampaikan terima kasih atas terlaksananya pembangunan PLTMH ini merupakan bantuan kerja sama BAZNAS dan Bank 9 Jambi, OJK,  UNDP dan Dirjen EBTKE Kementrian ESDM.
” Kebutuhan Listrik baru 72 persen, jadi kami masih kurang,  terutama di daerah terpencil, khususnya di Kecamatan Batang Asai. salah satunya di Desa Lubuk Bangkar, ini sangat tepatlah tim tekhnis UNDP memprioritaskan desa ini. Tadi saya lihat untuk PLTMH ini ada 60 ribu watt yang akan menerangi lebih kurang akan cukup 280 rumah, dan saya harap lakukan perawatan dengan baik, rawatlah dengan baik, “katanya.

Sementara itu Peltu Gubernur Jambi Fahcrori mengapresiasi kepada seluruh pihak terkait mulai dari Kementrian ESDM, UNDP, Bank Jambi dan Baznas dalam melaksanakan pembangunan PLTMH di Desa Lubuk Bangkar, yang merupakan desa terisolir di Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

“Penyediaan energi listrik ada dua jenis, pertama melalui PLN, kedua penyediaan melalui non PLN, yakni melalui Energi Baru dan Terbarukan. Salah satunya PLTMH ini merupakan penyediaan listrik yang jauj dari jangkauan PLN,” katanya.

Fahcrori juga meminta dukungan dari Mentri PPN untuk mengalokasikan anggaran pembangunan jaringan listrik di Provinsi Jambi, yang menurut data PLN, di Provinsi Jambi masih membutuhkan jaringan listrik yang nilainya mencapai 450 miliar rupiah agar Provinsi Jambi  bisa terang 100 persen.
“Semoga pembangunan baru PLTH di Desa Lubuk Bangkar, dan Revitalisasi PLTMH Air Liki, Merangin dapat memberikan dampak postif dan tentunya memberikan penerangan listrik, sehingga berdampak meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Mentri PPN Kepala Bappenas, Bambang Sumantri Brojonegoro mengatakan pembangunan PLTMH ini diharapkan masyarakat bisa menikmati listrik semaksimal mungkin, karena Di Desa Lubuk Bangkar ini baru pertama adanya jaringan listrik.
“Kita harapkan adanya listrik ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Lubuk Bangkat bisa meningkat, dengan melakukan pengolahan berbagai hasil perkebunan dan pertanian,” katanya.
Selain itu, Bambang juga mengatakan bahwa PLTMH di Provinsi Jambi, bukan hanya di Kabupaten Sarolangun, melainkan ada di Kabupaten Merangin, yang jumlahnya sebanyak 4 pembangunan PLTMH, yang memang masyatakatnya sangat membutuhkan listrik ( Frem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here