Cerita JK Usulkan Nama Anies Baswedan ke Prabowo Tanpa Mahar

0
229

Jakarta .SIO – Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan tak ada mahar politik yang diminta Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat mencalonkan kepala daerah.

JK mencontohkan apa yang terjadi di Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu. Saat itu, JK mengusulkan nama Anies Baswedan sebagai calon gubernur, tapi Prabowo tak meminta mahar politik kepada

“Pengalaman saya waktu mengusulkan Anies Baswedan ke Pak Prabowo langsung aja diterima tanpa syarat-syarat. Tidak ada itu,” ucap JK di kantornya, Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Meski begitu, JK mengakui banyak praktik mahar politik di segala level. Hal inilah yang membuat kepala daerah yang terpilih dengan proses tersebut, akan membebankan biaya yang dikeluarkan dalam proses penerapan kebijakannya.

“Ya ada yang mengatakan mahar politik, ada juga sebagai uang saksi. Akibatnya ongkos untuk menjadi bupati, wali kota, gubernur semakin mahal. Sehingga menyebabkan proses ekonomi, izin (mengurus perizinan) di daerah menjadi dibebankan ke situ pada ujungnya. Sehingga terjadi ekonomi yang agak berbeda tinggi,” ungkap JK.

Dia mengungkapkan, budaya politik seperti itu bisa dihilangkan. Bahkan, Undang-Undang Pemilu telah mengatur bahwa seseorang calon tidak boleh berpolitik uang. Jadi, tak perlu ada sanksi baru bagi parpol atau calon yang terbukti melakukan politik uang.

“Di undang-undang sudah ada tidak boleh ada money politic. Jadi tidak perlu ada sanksi baru,” tandas JK.

Sumber : Liputan6.com,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here