Dandim 0419/Tanjab : Wartawan Merupakan Profesi yang Mulia

0
229

TANJAB BARAT , SUARA INDEPENDENT – Jelang puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 pada tangggal 9 Februari ,banyak harapan serta tanggapan yang dilontarkan para pejabat untuk wartawan media di daerahnya masing-masing.

Tak ketinggalan, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0419/Tanjab, Letkol Inf Muhammad Arry Yudistira, S.IP, M.I.Pol pada dirgahayu Pers Nasional ke 71 tahun 2019 ini juga melontarkan tanggapannya terhadap wartawan media massa di negeri ini.

Menurut Dandim, Wartawan adalah mitra TNI yang memberikan informasi yang bersifat mencerdaskan masyarakat, menjadi pengawas bagi seluruh instansi pemerintah, tak hanya eksekutif termasuk juga legislatif, TNI, Polri serta instansi lainnya.

“Wartawan merupakan profesi yang mulia, memberikan pemberitaan yang bersifat membangun dan edukatif. Serta bagaimana masyarakat bisa dirangkul menjadi pribadi yang mandiri dan tangguh, atau tidak selalu mengharapakan dari pemerintah,” ungkap Letkol Arry Yudistira, ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (7/2/19).

Terkhusus, untuk wartawan di Kabupaten Tanjab Barat, menurut penilaiannya pemberitaan sangat baik dan informatif, berimbang, termasuk juga mengekspose program pemerintah daerah.

Saya lihat wartawan di Tanjab Barat juga mengkritis tapi bersifat edukatif atau baik sehingga mampu menetralisir, serta tidak propokatif,” sanjung Dandim.

Lebih lanjut menurutnya, Media adalah pilar demokrasi, yang menjadi tantangan wartawan media adalah untuk menetralisir sejalan berkembangnya media internet atau media sosial (medsos) seperti Whatsapp, Facebook, Twitter, dan lainnya yang biasa dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab menyebarkan berita bohong atau isu sara yang memecah belah umat dan bangsa.

“Ini yang menjadi tantangan bagi wartawan media kedepannya. Diharapkan dalam suatu pemberitaan lebih berimbang terlebih berita kasus. Bagaimana wartawan media bisa menjadi penyeimbang dan meyakinkan agar masyarakat percaya dengan media yang resmi, atau agar masyarakat tidak terpengaruh dengan pemberitaan medsos yang bersifat memecah belah umat atau kesatuan NKRI,” harap Dandim.

Dijelaskannya, Wartawan juga sebagai corong bagi suatu daerah ataupun TNI dan instansi Pemerintah lainnya untuk menyambung dan mensinergikan lanjung tugas yang sedang dilaksanakan baik dengan instansi terkait maupun komponen masyarakat diwilayah Tanjab ini.

Berkaitan dengan HPN tahun 2019 ini, Letkol Inf Muhammad Arry Yudistira, S.IP, M.I.Pol mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional. ( SI)

Sumber : SERAMBIJAMBI.ID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here