Di Usia ke 10, Angka Kemiskinan Kota Sungaipenuh Turun Drastis

0
220

Sungaipenuh, Suara Indendent . Co.id – Pertumbuhan ekonomi Kota Sungai Penuh, mengalami peningkatan. Hal itu membuat angka kemiskinan di Kota Sungai Penuh, mengalami penurun secara drastis.

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Sungaipenuh, H Asafri Jaya Bakri (AJB) pada rapat paripurna istimewa menyambut HUT Kota Sungaipenuh ke-10, Kamis (8/11).

Secara gamblang Wako memaparkan capaian pembangunan dan prestasi yang berhasil diraih Pemerintah Kota Sungaipenuh.

Diantaranya, tren positif kinerja ekonomi dimana pertumbuhan ekonomi yang mencapai 6,24 persen pada 2017. PDRB atas harga berlaku juga mengalami peningkatan yang menggembirakan, dari Rp 5.73 triliun tahun 2016 menjadi Rp 6.38 triliun pada 2017.

“Ini indikasi tumbuhnya klas menengah di Kota Sungai Penuh,” ujar Wako AJB.

Angka kemiskinan lanjutnya, juga mengalami penurunan. Dimana pada 2017 tinggal 2460 jiwa dari 2750 jiwa pada 2016.

Pencapaian ini membuat haru, karena kota Sungaipenuh tidak memiliki kekayaan alam. Terima kasih atas dedikasi dan kerja keras jajaran pemkot,” terang Wako.

“Ini juga berkat tumbuhnya jiwa enterpreneurship dikalangan masyarakat,” sambungnya.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan indikator, pendapatan, pendidikan dan kesehatan, dipaparkan Wako turut mengalami peningkatan. Dimana pada tahun 2017 adalah 73,78, sedangkan tahun 2016 adalah 73,75.

Wako mengajak segenap warga kota Sungai Penuh untuk meneguhkan tekad dan langkah dalam menjaga persatuan dan melanjutkan pembangunan demi kemajuan daerah. Ia juga meminta, jajaran pemerintah Kota Sungai Penuh untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kemajuan pembangunan yang tepat sasaran, tertib aturan dan administrasi.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Sungai Penuh, Fikar Azami dikesempatan itu memaparkan sejarah pendirian Kota Sungai Penuh. Yakni diinisiasi Bupati Fauzi Siin dan secara resmi berdiri pada 8 November 2008 lalu.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here