Dinas Peternakan Kabupaten Batanghari Targetkan 500 Eliminasi Anjing Liar, Ini Alasannya

0
226

MUARA BULIAN.SOI– Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari kembali akan mengeliminas anjing liar, tahun 2018. Ada sebanyak 500 anjing liar yang jadi target eliminasi.

Selama tahun 2017 Mayoritas kasus gigitan anjing liar kebanyakan terjadi di pemukiman warga. Kendati demikian, para korban gigitan anjing liar tidak tertular karena cepat mendapatkan tindakan medis.

Kepala Bidang Peternakan Kesehatan Hewan, Zulmanudin, Senin (8/1), mengatakan kasus gigitan anjing liar seringkali terjadi pada saat musim kemarau. Pasalnya, anjing liar itu pada saat kemarau bertambah galak dan sering keluar dari persembunyiannya untuk mencari air.

“ Sehingga bisa menyerang siapa saja yang ada di hadapannya. Tahun ini ada 7 kasus gigitan anjing liar. Bila dibandingkan dengan tahun lalu terjadi penurunan,” kata Zulmanudin, Selasa (10/1)

Penurunan jumlah kasus gigitan anjing liar , kata Zulmanudin, tak lepas dari langkah-langkah antisipasi pihak dinas. Contohnya untuk mengantisipasi penularan rabies dari hewan ke manusia seperti melakukan eliminasi atau peracunan kepada hewan anjing liar

” Meski terjadi penurunan tahun ini, namun kita tetap menargetkan jumlah eliminasi anjing liar tahun ini tetap tinggi 500 ekor,” Pungkasnya.

Sumber : TRIBUNJAMBI.COM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here