Disdukcapil Ajak Masyarakat Buat Kartu Identitas Anak

0
437

 

KERINCI SIO -Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kerinci terus menggencarkan pelaksanaan penerbitan Kartu Identitas Anak. Salah satu upaya yang dilaksanakan Disdukcapil Kerinci dengan cara terus mengajak masyarakat yang memiliki anak untuk bisa segera mengurus Kartu Identitas Anaknya.

Tidak tanggung-tanggung Disdukcapik kerinci juga terus melaksanakan sosialisasi terkait kegiatan tersebut, para guru, Bidan Desa hingga Kepala desa terus dihimbau agar memberikan informasi tersebut kepada masyarakat.Kepala Disdukcapil Kerinci, Hakiman mengatakan Kartu Identitas Anak merupakan kartu yang sangat penting, pasalnya Kartu Identitas anak memiliki fungsi selain untuk pendataan anak di Kabupaten kerinci, juga berfungsi bagi keabsahan dari status anak dari setiap masyarakat di kerinci selain didukung dengan adanya Akta Kelahiran.

“Kartu identitas anak ini fungsinya banyak, salah satunya memudahkan kami dalam pendataan masyarakat Kerinci,”ungkapnyaDikatakannya, dalam upaya tersebut pihaknya telah menjelaskan akan adanya Kartu Identitas anak kepada para guru di kerinci, dengan harapan agar guru bisa menjelaskan kepada anak didiknya hingga kepada wali murid yang belum mengetahui informasu tersebut.

Selain guru, pihaknya juga meminta kepada Bidan Desa untuk bekerjasama dengan pihaknya, terutama dalam menginformasikan adanya kelahiran ditengah masyarakat Kerinci.

“Begitu juga dengan kades sebagai perpanjangan tangan kami, untuk menjelaskan kepada masyarakat,”jelasnya.Tidak hanya Kartu Identitas anak saja, lanjutnya guna melengkapi data dari masyarakat Kerinci pihaknya juga melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektrik kepada anak-anak berusia 16 tahun. Hal ini bertujuan untuk pendataan terhadap calon penerima KTP pada tahun depan”Hanya pendataan saja tahun ini, untuk KTP EL nya diterbitkan setelah umurnya mencapai 17 tahun nanti,”terangnya.(Cr.01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here