DISKOPERINDAG KERINCI SIAP, DUKUNG PROGRAM UNGGULAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KERINCI TERPILIH PERIODE 2019-2024

0
383

 Kerinci – Suara Independent,Diskoperindag kabupaten Kerinci siap, melaksanakan program Bupati dan wakil bupati Kerinci terpilih periode 2019 – 2024, yakni DR.  H. Adirozal, M.Si dan Ir. H. Amir Taher.

Program-program fisik dan non fisik untuk kedepannya akan terus ditingkatkan seperti pembangunan pasar, pengembangan produk unggalan kabupaten Kerinci serta pembinaan pelaku usaha dikabupaten. 

Pada tahun 2019 ini, untuk program fisik Diskoperindag Kerinci akan membangun dua pasar yakni pasar Kerman dan pasar Pelompok. Sementara itu dalam beberapa tahun belakangan ini Diskoperindag telah selesai melaksanakan pembangunan, rehab dan revitalisasi pasar, diantaranya Pasar Pelompek Kecamatan Gunung Tujuh Tahun 2017, Pasar Bedeng VIII Kecamatan Kayu Aro Barat Tahun 2017, Pasar Siulak Deras Kecamatan Gunung Kerinci Tahun 2015 & 2017, keempat Pasar Baru Siulak Kecamatn Siulak Tahun 2015 & 2017, Pasar Semurup Kecamatan Air Hangat Tahun 2015 & 2017, Pasar Hiang Kec. Sitinjau Laut Tahun 2016, Pasar Sanggaran Agung, Kecamatan Danau Kerinci Tahun 2016, Pasar Jujun Kec. Keliling Danau Tahun 2016, Pasar Kerman Kecamatan Bukit Kerman Tahun 2015.

Sedangkan pada tahun 2018 ini, Diskoperindag tengah melaksanakan Rehabilitasi dua unit pasar yakni Pasar Kersik Tuo dan Pasar Tamiai Kecamatan Batang Merangin.

Disamping pembangunan pasar, Diskoperidag kabupaten Kerinci, juga telah melaksanakan berbagai program kegiatan lainnya diantaranya pengawasan barang bersubsidi, monitoring harga barang dan sebagainya. Program yang dilaksanakan tersebut bertujuan dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat serta menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Tidak hanya program fisik, Diskoperindag Kerinci juga melaksanakan program non fisik seperti pembinaan, pelatihan serta bimbingan bagi pelaku usaha dikabupaten Kerinci, diantaranya Bimtek manajemen koperasi Bagi pengurus koperasi dan Pelatihan aplikasi sistem komputerisasi.

Hal ini bertujuan meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan bagi pelaku usaha, baik itu pengelolaan koperasi maupun pelaku UMKM.  

Dari pembinaan, pelatihan dan bimbingan dari Diskoperindag Kerinci, sejumlah penghargaan diraih oleh kabupaten Kerinci seperti Penghargaan koperasi bidang jasa tingkat nasional serta penghargaan Gugus kendali mutu (GKM) Industri juara 1 tingkat provinsi tahun 2018 untuk bidang UMKM.

Berdasarkan data dari Diskoperindag melalui bidang pemberdayaan koperasi UMKM dan perindustrian, jumlah koperasi dikabupaten Kerinci, terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Disisi lain, dalam pengembangan produk unggulan lokal kabupaten Kerinci, Diskoperindag terus melakukan terobosan-terobosan baru, hal ini mengingat Bupati Kerinci telah memutuskan dan menetapkan 13 produk unggulan daerah kabupaten Kerinci, yakni Kulit Manis (Casiavera), Kentang, Beras Kerinci, Kopi, Dodol Kentang, Sirup Kayu Manis, gula tebu, bubuk kopi kerinci, jagung Kerinci, telor itik, stik ubi jalar, keripik kerinci dan kacang tojin kerinci, harus dikembangkan.

Dalam pengembangan tersebut berbagai langkah ditempuh dan dilaksanakan Diskoperindag Kerinci, diantaranya mengikuti promosi dan pameran,  seperti mengikuti trade Expo indonesia ke 33 di ICE Tangerang. Kegiatan ini diikuti guna memperkenalkan dan mempopulerkan produk potensial kerinci terutama Kulit manis (casiavera) dan kopi robusta serta arabika.

Disamping pengembangan produk unggulan lokal, Pengawasan dan monitoring barang terutama barang bersubsidi seperti pupuk dan elpiji juga menjadi focus utama Diskoperindag Kerinci. Tidak hanya itu harga barang dipasar terus dipantau agar harga tetap stabil.

Kedepan, Diskoperindag melalui bidang perdagangan juga akan merancang dan mengusulkan perda tera,timbangan diseluruh pasar dikabupaten Kerinci diakurasikan, hal ini untuk menghindari timbangan-timbangan yang curang ( SI )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here