Helmi : Diminta Pihak Terkait Tinjau Ulang Izin Keberadaan Kadang Ayam Dekat Pemukiman Warga

0
497
Ilustrasi

Kerinci, SI-Keberadaan Kandang Ayam didekat pemukiman warga yang diduga tidak mengantongi izin Desa Sanggaran Agung Kecamatan Danau Kerinci saat ini sudah meresahkan,kersehan warga bukan tampa alasan, selain bau busuk yang ditimbulkan warga yang tinggal dekat kandang ayam tersebut, juga resah hadirnya lalat-lalat besar yang ikut hadir dan menyerang rumah-rumah warga, ” hal ini disampaikan Helmi Ketua Umum LSM Lasak Kabupaten Kerinci Senin ( 23/4/2018 )

Menurut Helmi, menjamurnya perkandangan ayam potong ditengah-tengah pemukiman Masyarakat Desa Sanggaran Agung Kecamatan Danau Kerinci diduga keras gegabahnya Dinas terkait  mengeluarkan izin tampat usaha ( Situ ) tidak mengkaji lebih awal dampak kesehatan bagi masyarakat ulah usaha tersebut, ” terang Helmi.

“ Saat siang maupun malam baunya sangat mengganggu warga. Pokoknya warga tidak nyaman akibat bau kotoran dari kandang ayam tersebut. Pemiliknya tidak pernah meminta izin warga sekitar,” ungkap Helmi

Lanjut Helmi , keberadaan peternakan ayam itu sangat dekat dengan permukiman warga. Warga sendiri meragukan legalitas pendiriannya.

“Ada beberapa titik kandang ayam .Sejak keberadaan kandang ayam tersebut kami tidak pernah mendapatkan konpensasi maupun rekomendasi izin lingkungan yang diminta pemilik. meminta izin, setiap panen pun kami tidak pernah diberi pemiliknya. Kalau baunya iya kami nikmati,” kesalnya.

Warga berharap pemerintah daerah dapat mengkaji perizinannya dan segera  mengambil langkah tepat sesuai peraturan yang berlaku.

“ Warga meminta pemerintah agar segera mengevaluasi izin ternak ayam yang ada di wilayah kami. Satpol PP selaku penegak Perda dapat bertindak tegas sesuai peraturan berlaku,” beber Helmi ( Red )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here