Kabar Gembira …..Museum Kerinci Segera Diresmikan

0
335

Kerinci, Suara Independent.co.id – Museum Kerinci yang dibangun di kawasan Sanggaran Agung, dekat Danau Kerinci, dalam waktu dekat akan segera diresmikan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) kabupaten Kerinci, Ardinal.

“Jika tidak ada halangan, tanggal 8 November 2018 akan diresmikan,” kata Ardinal saat ditemui di kantor Bupati Kerinci, Rabu (31/10).

Rencananya, lanjut Ardinal, Museum Kerinci akan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, bersama dengan Plt Gubernur Jambi. “Undangan sudah diedarkan. Kita mengundang dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kepala museum se Provinsi Jambi, serta pihak terkait lainnya.

Lebih lanjut Ardinal mengatakan, pihaknya juga telah melengkapi fasilitas di dalam museum, seperti tempat memajang benda-benda bersejarah yang dimiliki oleh Kabupaten Kerinci.

“Tinggal menempatkan koleksi benda-benda bersejarah. Kita juga mengimbau kepada masyarakat yang mempunyai benda bersejarah agar dititipkan di museum,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Kerinci, Adirozal, mengatakan nantinya keberadaan Museum Kerinci akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya, kata Adrirozal, sebagai sarana pembelajaran karena Kabupaten Kerinci miliki cukup banyak benda bersejarah yang bisa dipajang di museum tersebut, seperti tulisan Incung, Al-uran dengan tulisan tangan, dan benda-benda yang bersejarah lainnya.

“Untuk benda nantinya dikumpulkan Dinas Pariwisata. Kalau tidak bisa ditempatkan yang aslinya, maka akan ditempatkan replikanya. Misalnya ada barang bersejarah yang berada di museum di Kota Jambi tidak bisa dipindahkan, kita tempatkan replikanya,” kata Adirozal ( Red )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here