Kades Diminta Beli Motor Pengangkut Sampah

0
600
KERINCI, SOI – Kewalahan dalam mengayasi Persoalan sampah diwilayah Kabupaten Kerinci, Pemerintah Kabupaten Kerinci meminta pihak pemerintah Desa dalam Kabupaten Kerinci ikut andil dalam mengatasi persoalan sampah yang ada disejumlah desa dalam Kabupaten Kerinci.
Bupati Kerinci, Adirozal, meminta kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Kerinci untuk mengadakan anggaran di APBDES untuk pengadaan motor roda tiga. “Alat transportasi tersebut, dikhususkan untuk mengangkut sampah sampai ke dalam gang hingga ke sudut gang,” ujar Bupati.
Kebijakan tersebut dilakukan, mengingat mobil pengangkut sampah yang disediakan oleh Pemerintah daerah tidak menjangkau sampai ke dalam, hanya sampai ke jalan jalur dua saja. “Jika tidak menyalahi aturan, apa salahnya Kades untuk menganggarkan motor pengangkut sampah. Karna ini, demi kebersihan masing-masing Desa juga,” ungkapnya.
Dari jauh-jauh hari, orang nomor satu di Bumi Sakti Alam Kerinci ini sudah merencanakan itu, mudah-mudahan bisa diakomodir oleh masing-masing Kades tahun 2018 ini. “karena kita merasa ini sangat penting untuk kebersihan lingkungan kita, apalagi saat ini kendala yang dihadapi masyarakat adalah mereka tidak susah membuang sampah dengan kondisi penduduk yang cukup padat,” jelasnya.
Dijelaskannya, permasalahan sampah bukanlah hal yang sepele melainkan sangat penting. Oleh karena itulah, ia berharap perangkat desa untuk merealisasikan pengadaan motor pengangkut sampah tersebut.
Apalagi masyarakat kita sudah mengikuti sosialisasi terkait bank sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), artinya mereka sudah memahami akan pentingnya kebersihan. “Namun sampah-sampah dari rumah tangga tidak harus dibuang melainkan bisa dimanfaatkan kembali dengan program reuse, reduce dan recycle,” pungkasnya. ( Red )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here