Kekurangan Tenaga Medis dan Dokter, Pelayanan Kesehatan Belum Maksimal

0
220

KERINCI – Dari 21 Puskesmas yang ada di Kabupaten Kerinci, empat puskesmas tidak memiliki tenaga medis dan Dokter. Hal ini membuat pelayanan kesehatan di Kerinci tidak maksimal terhadap masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci, Hamsal Rabit. Dia mengatakan bahwa Kerinci saat ini masih kekurangan tenaga medis dan dokter untuk mengisi empat puskesmas yang ada di Kerinci.”Puskesma yang masih kosong diantaranya Puskesmas Bukit Kerman, Puskesmas Semerap, Puskesmas Muara Imat dan Puskesmas Simpang Tutup,” katanya.

Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci tidak menampik jika kondisi seperti ini membuat pelayanan di beberapa puskesmas di Kerinci tersebut tidak maksimal. “Untuk mengantisipasi kekurangan tersebut, kita sekarang hanya bisa bantu satu orang dokter menjadi penanggung jawab dua puskesmas,” jelasnya

Hamsal menyebutkan puskesmas Muara Imat sejauh ini hanya dibantu dengan dokter yang ada di puskesmas Tamiai, hal itu dilakukan untuk membantu  memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,”Terpaksa dokter harus membagikan waktu tugas antara kedua puskesmas ini,” ungkapnya.

Hamsal menambahkan bahwa untuk masalah dokter, bukan hanya dokter umum saja yang kekurangan di Puskesmas, akan tetapi dokter gigi pun pihak masih sangat minim sekali,”Satu dokter bertanggung jawab tiga puskesmas, sehingga tidak efektif melaksanakan tugasnya,” cetusnya

Pada tahun 2018 ini, lanjutnya, Kerinci mendapatkan bantuan Pemerintah Pusat yakni Tenaga Nusantara Sehat, nanti mereka akan ditempatkan tujuh puskesmas.

“Tenaga Nusantara Sehat ini merupakan tenaga medis dari nasional yang bertugas di daerah terluar, tertinggal dan terpencil,” ujarnyaDirinya menyebutkan bahwa dari Tujuh Puskesmas yang mendapatkan tenaga Sukarela Sehat diantaranya Puskesmas Pelompek, Puskesmas Gunung Labu, Puskesmas Kersik Tuo, Puskesmas Lolo, Puskesmas Lempur, Puskesmas Tamiai dan Puskesmas Tarutung.( Acet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here