MEKANISASI PERTANIAN UNTUK PEMBANGUNAN PERTANIAN KERINCI

0
213

SUARA INDEPENDENT.CO.ID – Kerinci merupakan lumbung pangan dan hortikulturanya provinsi Jambi, perkembangan pertanian mengharuskan adanya modernisasi untuk memudahkan petani dalam melakukan aktifitas produksi pertanian. Ini dapat dilakukan dengan penggunaan alat dan mesin pertanian (alsintan). Salah satu program Kementerian Pertanian dalam meningkatkan produksi hasil pertanian adalah penggunaan alsintan. Kegiatan ini dengan membagikan alsintan ke daerah yang membutuhkan.

Jumat, 12 Oktober 2018, BPTP Balitbangtan Jambi yang diwakili oleh Jon Hendri, SP., M.Si selaku Koordinator Wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh turut menghadiri penyerahan bantuan alsintan dari Dirjen Sarana dan Prasarana Kementan Direktorat Alat dan Mesin Pertanian (Ir. Bustanul Arifin Caya M.D.M). Pada sambutannya,

Bupati Kerinci Dr. Adirozal berharap dengan adanya penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian kepada Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi (Ir. Ahmad Mousul) dan Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci (Radium Halis, SPi M.Si), alsintan yang diserahkan bisa dipergunakan untuk mendukung pembangunan pertanian di Kerinci.

Ir. Bustanul Arifin Caya M.D.M menyampaikan bahwa kabupaten Kerinci mendapatkan alokasi bantuan langsung dari Kementerian Pertanian sebanyak 95 unit alsintan yang terdiri dari alsintan pra panen, pasca panen dan excavator, semuanya untuk mendukung pembangunan pertanian Kerinci. Sampai dengan saat ini Kementerian Pertanian sudah memberikan 416 unit alsintan ke kabupaten Kerinci. Beliau mengharapkan alsintan tersebut harus betul-betul dibagikan sesuai sasaran dan perlu ada pendanaan untuk perawatan alsintan tersebut, serta penerima alsintan diharapkan melalui kelompok tani.

Ke depan diharapkan alsintan yang diberikan bisa meningkatkan peran BPTP Balitbangtan Jambi dalam menerapkan teknologi pertanian berbasis mekanisasi dan pada akhirnya produksi pertanian akan meningkat khususnya untuk Kerinci dan Jambi pada umumnya  (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here