Menghadapi Idul Adha 2018 Kebutuhan Telur Ayam Ras, Kota Sungaipenuh Andalkan Pasokan Dari Luar

0
588

Sungaipenuh,SI -Kebutuhan pasokan telur ayam untuk sejumlah  pasar di Kota Sungaipenuh hingga kini masih cukup tinggi. Sementara itu pasokan telur dari Kota Sungaipenuh sendiri  masih sangat minim

Sejauh ini untuk memenuhi tingginya permintaan tersebut, para pedagang terpaksa mendatangkan telur dari sejumlah wilayah lain disekitarnya.

Hal ini disampaikan Kadis Perternakan Kota Sungai penuh ,Ir .Edi Yanto pada SI pada Jum’at ( 4/5/2018) diruang kerjanya .

Dikatakan Edi, untuk kebutuhan akan telur ayam ras  di Kota Sungaipenuh masih cukup tinggi apalagi menghadapi bulan suci Romadhan 1439.H/2018.M kita masih mengandalkan pasokan telur dari luar daerah,” terangnya.

“Tingginya kebutuhan telur ayam ras, sebenarnya bisa ditangkap para peternak ayam petelur lokal, mengingat keterbatasan peternak lokal saat ini belum berkembang sehinga kebutuhan akan telur masih bergantung dengan derah tetangga” telur kita datangkan dari daerah,” ungkapnya.

Lanjutnya, berdasarkan perkiraan total kebutuhan telur menghadapi Idhul Adha 2018 ini berkisar 270.000 butir untuk Kota Sungaipenuh,sementara yang mampu dihasilkan oleh peternak lokal 17.000 butir,  dan dari pedagang   17.5000,  dengan kondisi ini membuat  kebutuhan akan telur Sungaipenuh sangat bergantung dari luar daerah  ,” katanya

” Mengingat produksi telur ayam ras peternak di Kota Sungaipenuh belum mampu memenuhi standar kebutuhan sekitar berkisar 20 persen kebutuhan pasar lokal, sehingga telur ayam ras didatangkan dari luar daerah dalam memenuhi kebutuhan akan telur di kota sungaipenuh menghadapi idul adha ini , “ucapnya

Disampiakan, kekurangan pasokan dari dalam daerah ini tidak mampu memenuhi kebutuhan lokal, ( Sungaipenuh-red) membuat peluang masyarakat Kota Sungaipenuh  terhadap peternakan ayam petelur sangat terbuka lebar. Peluang tersebut dapat membuat perputaran uang yang nilainya mencapai puluhan juta ,”tuturnya( Edi.T )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here