MK Tolak Gugatan ZA

0
256

Dalam sidang tersebut, MK menyatakan menolak seluruh gugatan yang disampaikan penggugat Zainal-Arsal, hakim menilai, bahwa gugatan yang disampaikan paslon nomor urut tiga tersebut, tidak memenuhi syarat untuk dilanjutkan.

Hal ini dibenarkan Komisioner Divisi Hukum KPU Kerinci Suhardiman, dikonfirmasi melalui ponselnya, dirinya menyampaikan, bahwa seluruh gugatan dari tim paslon Zainal Abidin-Arsal Apri ditolak oleh MK. “Pembacaan putusan sidang Dismissal telah selesai, dan gugatan ditolak seluruhnya,”kata Suhardiman. “Gugatan ditolak, kalau bahasa MK itu gugatan tidak dapat diterima dan menyatakan bahwa putusan KPU terkait rekapitulasi suara hasil Pilkada itu benar,”jelas Suhardiman.

Sementara itu, Kumaini selaku komisoner KPUD Kerinci mengatakan, saat ini KPU tengah menunggu salinan putusan, sebelum KPU Kerinci menetapkan calon terpilih. “Kita bersyukur MK menolak gugatan paslon nomor tiga, artinya KPU sebagai tergugat dimenangkan dan langkah berikutnya adalah menetapkan calon terpilih berdasarkan perolehan suara terbanyak berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU beberapa waktu lalu,”jelas Kumaini.

Dikatakan Kumaini, KPU Kerinci akan segera melaksanakan sidang pleno penetapan calon terpilih, setelah salinan putusan MK diterima sebagai dasar KPU melaksanakan pleno. “Jadwal Pleno kita lihat dalam dua atau tiga hari kedepan, tergantung salinan Putusan MK, karema itu dasar kita pleno,” tambhahnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kerinci telah melaksanakan rapat Pleno rakpitulasi hasil Penghitungan perolehan suara Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kerinci, pada Kamis (5/6).

Berdasarkan hasil rapat pleno  selama dua hari tersebut, Pasangan Calon (Paslon)  nomor urut 2 yakni Adirozal-Ami Taher tetap mendapatkan perolehan suara terbanyak dari Dua calon lainnya. Data yang dikumpulkan koran ini Adirozal-Ami Taher memperoleh suara 55.597 atau 37,5 persen, kemudian Paslon nomor urut 3 Zainal-Arsal dengan perolehan suara 49.992 atau 33,7 persen, sedangkan paslon nomor urut 1 Monadi-Edison memperoleh suara 42.683 atau 28,8 persen. Dengan total suara sah yang digunakan dalam Pilkada Kerinci,  sebanyak 148.272, suara tidak sah sebanyak 3.113, jadi total pengguna hak pilih dalam suara sah dan tidak sah sebanyak 151.385. Dengan selisih perolehan suara antara Paslon nomor urut 2 Adirozal-Ami Taher dengan paslon nomor urut 3 Zainal-Arsal sebanyak 5.605 atau 3,8 persen.

Calon wakil Bupati Kerinci, Ami Taher, menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Mahkamah Konstitusi atas putusanya menolak gugatan ZA-Arsa. “Alhamdulillah sore ini MK memutuskan menolak gugatan ZA-AA. Kito bersyukur  semoga Allah SWT meridhoi dan memberikan keberkahan. Kepada seluruh Tim dan para pendukung yang telah bekerja keras untuk memenangkan pasangan ADI-AMI,” kata Ami Taher.

“Kami sampaikan juga terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kerinci dan semoga Allah memberikan balasan serta mencatatnya sebagai amal sholeh dalam rangka menghadirkan Kerinci yang lebih baik dan berkeadilan,”tambahnya.

Ami Taher juga mengajak masyarakat untuk menyikapi hasil  MK ini dengan rasa syukur kepada Allah serta berdo’a, semoga suasana masyarakat Kerinci tetap kondusif dan damai. “Kita do’akan kebaikan untuk saudara-saudara kita di Pentagen dan Sleman. Mari kita ke depan bersama-sama membangun dan mewujudkan Kerinci menjadi negeri yang damai, aman, sejahtera serta diberkahi Allah SWT,” tutupnya ( Red)  .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here