PELAYANAN BPN KERINCI KEMBALI DIKELUHKAN WARGA PRONA

0
236

Kerinci,SI- Pelayanan pembuatan sertifikat prona yang Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kerinci kembali dikeluhkan. Pasalnya, hinga kini pembuatan sertifikat tersebut tak kunjung ada kejelasan bagi warga yang mengikuti program Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona).

Kondisi ini khususnya terjadi dibeberapa desa di Kabupaten Kerinci Kecamatan Bukit Kerman dan Batang Merangin  Seperti yang disampaikan salah satu warga Pengasilama, enggan disebutkan mengatakan program prona sudah lama, namun hingga saat ini sertifikat prona tersebut tidak ada kabar.

“Sudah lama kami ngurusnya, namun sampai sekarang tak kunjung dibagikan. Padahal tahun ini sudah mau habis  program sertifikat tersebut,” ujar warga yang ikut dalam program sertifikat prona tersebut.

Menurut infromasi yang diperoleh Suara Independent , proses pembuatan sertifikat prona dari tahun 2016 hingga tahun 2018, tidak ada penjelasan dari pihak BPN. “Sejak tahun 2017 lalu itu sebenarnya sudah selesai, namun entah apa yang membuat sertifikat prona tersebut menjadi dak selesai. Kalau ada penjelasan kan enak, apalagi Tahun anggaran 2018 lah nak habis pulo  ” ungkapnya dengan dialek dusun

Dengan adanya kepastian, warga yang mengikuti program prona tidak menduga ada ‘permainan’. “Kalau sudah ada kepastiannya, kami tidak akan bertanya-tanya lagi. Kapan akan selesai dan kapan dibagikan. Kalau memang sudah ada yang selesai khususnya di Kecamatan  Bukit Kerman Desa pengasilama ini, kami berharap dapat dibagikan,” katanya.

Terpisah, Kades Pengasilama Sahrial, mengatakan, kini sertifikat prona memang belum selesai. Bahkan ada beberapa persyaratan yang belum lengkap. Namun ia memastikan dalam waktu dekat sertifikat yang menjadi hak masyarakat ini akan selesai, ” terangnya

“Belum selesai, kemarin ada beberapa bahan yang kurang. Ini sertifikat tahun 2016 tapi semuanya sudah lengkap. Tidak lama lagi kita harap bisa selesai. Saya harap warga bersabar, apa lagi yang dibuatkan banyak,” pungkasnya. (Edi.T)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here