PEMILIH MILLENNIALS MENJADI REBUTAN

0
257

(Millennials bukan hanya symbol-symbol yang sering diaktualkan oleh para elita sebagai Pencitraan)
By Syamsul Bahri, SE (Conservationist Jambi)

Pada akhir-akhir ini bahkan semenjak telah terdaftarnya pasangan Bacapres di KPU, yaitu 2 (du) Pasang yaitu pasangan Patahana Jokowi + Ma’ruf Amin dengan pasangan Penantang Prabowo+Sandiaga Uno terlepas dari tragedy dan drama penentuan Bacawapres dimasng-masing Kubu, yang membuat pusat marketing politik terpokus pada “masyarakat muda yang tergabung sebagai pemilih Millennials atau generasi millennials menjadi topik yang cukup hangat dikalangan masyarakat, mulai dari segi pendidikan, teknologi maupun moral dan budaya, serta kebutuhan generasi millennials saat ini.

Generasi Millennials adalah terminologi generasi yang saat ini banyak diperbincangkan oleh banyak kalangan di Indonesia diberbagai bidang, apa dan siapa gerangan generasi millennial Generasi Y) itu?. Generasi atau masyarakat Millennials adalah kelompok demografis (cohort) setelah Generasi X. Peneliti sosial sering mengelompokkan generasi yang lahir diantara tahun 1980 an sampai 2000 an sebagai generasi millennial. , sehingga generasi millenaials adalah generasi muda masa kini yang saat ini berusia dikisaran 15 – 37 tahun.

Apa sesungguhnya masyarakat millennials tersebut, tentu kita harus jelas tanda-tanda/parameter dan hoby serta kebutuhan dari masyarakat Millennials tersebut yang menjadi pusat perhatian dan sorotan oleh para politikus baik yang menjadi bakal calon Legeslatif, apalagi 2 kubu pasangan Bacapres, sebagai sebuah pasar yang potensial untuk digaet suara dari kelompok milenial pada Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legeslatif.

Menurut beberapa literature atau reference, Millennials atau kadang juga disebut dengan generasi Y adalah sekelompok orang yang lahir setelah Generasi X, yaitu orang yang lahir pada kisaran tahun 1980- 2000an. Maka ini berarti Millennials adalah generasi muda yang berumur 17- 37 pada tahun ini. Millennials sendiri dianggap spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi.

Dengan ciri khas Generasi millennials yaitu, dilahirkan atau lahir di era televisi berwarna, dan sudah mulai akrab dengan internet, Laptop/Computer, Handphone, sehingga generasi ini lebih dikenal dengan generasi IT yang cukup bahkan lebih mahir dalam teknologi, dengan jumlah community millennials di Indonesia mencapai lebih dari 35% dari jumlah penduduk Indonesia 266 Juta orang yang berumur 17 tahun sampai 37 Tahun
Ini sebuah potensi bangsa yang sangat besar, jika dikelola dengan baik akan sangat memberi pengaruh yang cukup baik bagi negara, baik sebagai potensi konsumtif untuk menjadi pelanggan/pemakai berbagai produk baik jasa ekonomi, maupun jasa non ekonomi, begitu juga potensi produktif sebagai tenaga kerja yang cukup memiliki ketrampilan dan pengetahuan untuk menghasilkan barang ekonomi, barang non ekonomi jika.
Namun faktanya generasi milleneals ini cenderung asyik dengan dunia mereka sendiri, ada kecenderungan mereka cuek dengan kondisi negara, terhadap keadaan sosial di sekitar mereka seperti dunia politik ataupun perkembangan ekonomi Indonesia. Kebanyakan dari generasi Millennials hanya peduli untuk membanggakan pola hidup kebebasan, yang mungkin beberapa kelompok yang hedonism, walaupun visi yang tidak realistis dan terlalu idealistis, yang penting bisa gaya.
Terlihat saat ini potensi tersebut baik negative maupun positif tersebut dari generasi millennials belum dikelola dengan baik oleh negara untuk dapat memberikan kontribusi positif untuk negara, disamping untuk mereka sendiri, dan seyognyann mereka saat ini tentunya sebagai manusia normal membutuhkan lapangan dan kesempatan kerja untuk bisa menghasilakan pendapat sendiri dan melanjutkan nilai nilai kehidupan tersebut itu dimasa yang akan datang.
Generasi milelenials ini rata-rata mereka menghabiskan waktu di depan layar perangkat mobile sekitar > 10 jam sehari, untuk mendapatkan semua informasi dan diskusi serta bergurau ria, antara lain untuk menonton streaming, yang sangat tergantung dan mengandalkan media sosial sebagai tempat mendapatkan informasi, dan sebagaimana diketahui bahwa saat ini media sosial telah menjadi platform pelaporan dan sumber berita utama bagi masyarakat bahkan menjadi trendy, bahkan prilaku belanja dari belanja konvensional menjadi belanja untuk memenuhi kebutuhan melaui on line.

Besarnya potensi dan marketing generasi millennials ini secera demografis yang belum terkelola dengan baik oleh negara sebagai generasi yang cukup memiliki pengetahuan bahkan sedang mengikuti pendidikan, dan potensi ini cenderung digarap saat saat pesta demokrasi, baik Pilkada, bahkan kecenderungan Pemilu Presiden dan Legeslatif saat ini sedang berproses, masing-masing pasangan Bacapres mengkalim mengakui sebagai bagian dari keterwakilan dari generasi mellenials.

Keunikan generasi Millennials diibanding generasi sebelum, generasi millennial memang unik dari hasil riset yang dirilis oleh Pew Researh Center misalnya secara gamblang mencolok soal penggunaan teknologi dan budaya pop/musik. Kehidupan generasi millennials tidak bisa dilepaskan dari teknologi terutama internet, entertainment/hiburan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi generasi ini.

Kondisi masyarakat millennials Indonesia saat ini, terkait dengan Partisipasi pada Pilkada bahkan Pilpres dan Pileg, ada kecenderungan perwujudan nilai patriotic oleh generasi millennials berbeda, sehingga terkesan nilai-nilai patriotik dan nasionalisme telah hilang dan luntur dari generasi muda millennials, begitu juga sikap politik mereka memberi kesan berdasarkan Survei yang dilakukan Alvara Research Center tahun 2014 menunjukkan pemilih muda Indonesia didominasi oleh swing voters/pemilih galau, dan apathetic voters/pemilih cuek.
Kondisi ini swing voters/pemilih galau, dan apathetic voters/pemilih cuek, tentu ini hanya sebuah bentuk hasil dari sebuah proses demokrasi yang terjadi, bahwa proses tersebut belum menunjukan kepedulian untuk mereka, baik lapangan pekerjaan, keberpihakan lapangan pekerjaan, hak politik, ruang hidup, pendidikan, upah dll, karena pendidikan dan lapangan pekerjaan yang paling berpengaruh dan menentukan masa depan mereka
Karena tingkat kesuksekan mereka dimasa dewasa dan masa tua ditentukan oleh pendidikan dan pekerjaan yang mereka terima di masa muda, selain itu wirausaha/entrepreneurship/ekonomi kreatif saat ini juga sudah menjadi alternatif kalangan muda dalam berkarya, start-up bisnis bermunculan di berbagai kota.
Begitu lulus mereka tidak lagi berburu lowongan pekerjaan, tapi berupaya mencari peluang bisnis dan menjadikan peluang bisnis itu sebagai pintu masuk ke dunia wirausaha, peluang untuk hidup lebih baik serta mendapat pekerjaan yang layak menjadi hak azasi manusia yang dijamin dalam mukadimah UUD 1945
Sehinga keterkaitan dengan pesta demokrasi yang dilaksanakan 5 tahunan tersebut, memberi kesan hasilnya belum menyentuh pada kebutuhan generasi millennials yang menimbulkan rasa apathis mereka yang terwujud dalam swing voters/pemilih galau, dan apathetic voters/pemilih cuek.

Begitu juga nilai social yang selalu kita agungkan sebagai masyarakat timur, terkesan semakin hari semakin lemah bahkan untuk tidak saling menghargai semakin terus berjalan baik generasi mellenials dengan masyarakat lingkungan, dengan keluarga bahkan dengan orang tua, tentu ini harus menjadi kajian secara ilmiah, kenapa ini terjadi, dan bagaimana dengan gerakan Revolusi Mental dari Rezim Jokowi, perlu ada evaluasi.

Namun anehnya masing masing pasangan bacapres tahun 2019 berlomba – lomba untuk menjadi perwakilan generasi millennials dengan menampilkan gaya yang yang terpaksa dan memaksa diri untuk menyentuh kebutuhan masyarakat millenails, tetapi secara subsransi kebutuhan masyarakat millennials terutama pendidikan dan lapangan pekerjaan harusnya menjadi program prioritas dari Pasangan Bacaprses pada Pilpres tahun 2019, begitu juga dengan para bacaleg mencoba dan melakukan pengamatan terhadap masyarakat mellenial ini agar perjuangan anggota legeslatif focus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat millennial, karena mereka potensi bangsa, yang harus dikelola dengan baik dan benar supaya menjadi generasi bangsa yang patriotic/cinta tanah air menurut ukuran ke kinian sesuai perkembangan zaman.

Generasi millennials tidak sekedar simbul simbul yang sering muncul dalam acara para elie-elite, terkait dengan symbol hoby, symbol pakaian, simbul music dll, namun seyogyannya symbol itu di perkuat dalam rencana dan program masing-masing Bacapres pada Pilpres 2019, terutama pengentasan kemiskinan yang teraktual antara lain melalui lapangan pekerjaan dan pendidikan.

Pertanyaan, siapakah pasangan Bacapres yang merupakan Pasangan yang menjadi perwakilan masyarakat millennials, apakah pasangan Patahana Jokowi atau pasangan Penantang Prabowo, wait and see

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here