Proyek Swakelola Dinas PU Kota Sungaipenuh Diduga Dikerjakan Asal Jadi

0
186

SUNGAIPENUH, SI – Proyek Swakelola Dinas PU Tahun Anggran 2018  penambalan ratusan lobang  disejumlah ruas jalan di Kota Sungaipenuh mulai diperbaiki. namun sangat kita sayangkan  kondisi katahanannya, dari pantauan dilapangan, perbaikan tersebut dengan cara penabalan dinilai terkesan asal jadi.

Pasalnya, dibeberapa titik jalan yang berlobang, penambalan dilakukan dengan cara menyiram aspal dilobang kerusakan yang masih digenangi air. Hal ini tentu dikhawatirkan tidak akan bertahan lama, sementara dana yang dikucurkan dari APBD tidak sedikit.

Seperti di jalan May Jend HA Thalib, yang lokasinya tidak jauh dari Mesjid Raya Sungaipenuh, sebuah kompresor berukuran cukup besar berwarna kuning terlihat diderek oleh kendaraan pick–up milik pemerintah Kota Sungaipenuh.

Sekitar 20 meternya (dari arah tugu adipura) terlihat dua buah lubang yang cukup lebar. Didalam lubang yang dangkal itu, tampak aspal yang berwarna hitam yang disertai digenangi air. Diduga aspal disiram ke dalam lobang jalan rusak yang masih digenangi air.

“Kita heran juga, kok begini cara mengaspalnya. Penyiraman aspal dilakukan diatas genangan air. Apa tidak dikompresor dulu sampai kering, sehingga bila ditimbun dan digilas dengan aspal, benar-benar lengket dan tidak mudah rusak,” terang salah seorang warga yang melihat, Minggu (25/3).

Selain itu, di Kecamatan Tanah Kampung, juga ada dilakukan penambalan jalan. Mirisnya, penambalan dikerjakan dalam guyuran hujan. “Tadi saya lewat Tanah Kampung, ada perbaikan penambalan jalan, padahal cuaca hujan dan lobang juga digenangi air,” ungkap Adi.

Selain itu, beberapa hari lalu di persimpangan BRI tepatnya didepan SD 004 Pelayang Raya, juga dilakukan penambalan yang juga dilobang jalan yang tergenang air. Tidak hanya dua lokasi, disejumlah tempat lain juga masih banyak badan jalan yang rusak dan saat ini masih dilakukan perbaikan.

Informasi yang diperoleh, pengaspalan penambalan lobang jalan tersebut merupakan proyek swakelola Dinas Pekerjaan Umum Kota Sungaipenuh. Saat ini, dibanyak tempat Dinas tersebut sedang melakukan penambalan lobang jalan.

“Sekarang hampir seluruh badan jalan yang berlobang mulai ditambal. Kita masyarakat, berharap penambalan jalan dengan baik, agar bertahan lama, karena sering kita lihat beberapa bulan setelah ditambal jalan kembali rusak,” ungkap warga lainnya.

Sementara itu, Kadis Pekerjaan Umum, Martin Kapiasa, dikonfirmasi wartawan membenarkan jika saat ini beberapa ruas jalan yang rusak mulai diperbaiki. Menurut dia, proyek tersebut merupakan proyek swakelola.

“Ya, itu proyek swakelola. Anggaran untuk penambalan jalan yang berlobang bervariasi, dimulai Rp 2 juta hingga Rp 5 juta,” ungkapnya.

Disinggung mengenai penambalan dalam lobang yang digenangi air, Martin mengaku sebelum dilakukan penambalan badan jalan, terlebih dahulu sudah dilakukan pembersihan dengan kompresor.

“Sebelum ditambal kita bersihkan dahulu dengan kompresor, baru setelah itu diaspal,” singkatnya (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here