Puluhan Masyarakat Antusias Mendaftar Menjadi Anggota KIP Jambi

0
219

Jambi . Suara Independent.co.id – Sejak dibukanya pendaftaran anggota Komisioner Informasi Provinsi (KIP) Jambi pada tanggal 19 Januari lalu, jumlah pendaftar hingga Kamis (25/1/2018) mencapai puluhan orang.

Ini diungkapkan Ketua Sekretariat Panitia Seleksi (Pansel) Sabriyanto, bahwa penerimaan seleksi anggota KIP Jambi untuk masa bakti 2018-2022 hingga hari keenam ini telah mencapai 72 orang.

“Mereka mengambil sendiri formulir pendaftaran di Kantor Sekretariat Pansel di Kawasan Sungai Kambang, Kota Jambi,” ujarnya di ruang kerjanya, Kamis (25/1/2018).

Sabriyanto, yang juga merupakan Kabid Komunikasi Publik mengatakan, jika dibandingkan pada periode sebelumnya, para calon anggota Komisioner Informasi Provinsi Jambi tahun 2018 ini cukup tinggi peminatnya.

Sementara, pendaftaran calon anggota komisioner ada juga yang mendowload lewat internet. Pasalnya, pola pendaftaran tersebut terdiri dari dua cara, yakni dengan cara manual mendatangi pihak sekretariat atau mengakses lewat website yang telah disediakan Diskominfo.

Mantan Kasat Satpol PP Kota Jambi ini menilai dengan banyaknya yang mengambil formulir menunjukan tingginya minat masyarakat untuk ikutserta dalam berkompetisi menjadi calon anggota KIP Jambi.

Menurutnya, hingga saat ini baru ada 10 orang yang telah mengembalikan formulir pendaftaran. Hal itu, lantaran banyaknya persyaratan yang harus dilengkapi,  mulai persyaratan yang direkomendasi dari kesehatan hingga dari pihak yang berwajib.

Dia memprediksi, hingga penutupan pendaftaran tanggal 31 Januari mendatang, peminatnya melebihi dari priode sebelumnya.

“Bila priode sebelumnya hingga ke tahap seleksi penutupan hanya sebanyak 65 orang peserta yang ikut, saat ini bisa mencapai 100 orang,” jelasnya lagi.

Usai lolos pendaftaran, pada tanggal 1 hingga 2 Februari akan dilakukan verifikasi bahan. Setelah itu hasilnya akan diumumkan bagi berkas yang lolos pada tanggal 7-8 Februari mendatang.

Bagi yang lolos bahan seleksi, selanjutnya peserta akan mengikuti tes potensi akademik dan tes tertulis. Tidak itu saja, akan dilanjutkan tes fisikologi dan dinamika kelompok, dan dilanjutkan lagi dengan tes pembuatan makalah.

“Kemudian tes wawancara. Namun tes pembuatan makalah dilakukan divtempat yang diawasi oleh tim pansel,” imbuh Sabriyanto.

Barulah tes akhir, pihak pansel akan mengambil 15 besar calon peserta anggota komisioner. Mereka akan mengikuti tes fit and propertes yang dilakukan di Komisi I di DPRD Provinsi Jambi.

Sumber : kabar daerah. Com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here