Rest Area Sarolangun Akan Disulap Jadi Agrowisata

0
411

Sarolangun, SOI  – Bangunan Rest Area yang berlokasi di Kelurahan Limbur Tembessi Kecamatan Bathin VIII selama ini belum berfungsi dengan optimal. Bahkan, saat ini terkesan terbengkalai dan tidak terurus, padahal dana yang dikucurkan untuk pembangunannya tidak sedikit.

Informasi terbaru yang diperoleh harian ini, Rest Area tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas agrowisata yang menyediakan taman buah dan taman bunga. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sarolangun melalui Kabid Holtikultura, Ritata Juliman kepada sejumlah wartawan kemarin (30/01) kemarin mengakui sudah ada perintah secara lisan dari Bupati Sarolangun kepada Dinas TPHP untuk melengkapi rest area dengan fasilitas Agrowisata.

‘’Kalau perintah secara lisan dari Pak Bupati kepada Kepala Dinas TPHP Pak Joko sudah ada, yakni menjadikan rest area sebagai tujuan Agrowisata. Kemudian Pak Kadis memeritahkan kepada kami (Bidang Holtikultura, red) untuk melakukan penjajakan dan persiapan di lapangan,’’ kata Ritata Juliman.

Rencananya, kata Ritata, di lokasi lahan Rest Area yang mencapai sepuluh hektar akan dibuat taman buah dan taman bunga. Beraneka buah akan ditanami, terutama buah musiman, seperti durian, duku, rambutan dan buah-buah lainnya. Sehingga nantinya pengendara yang melintas akan tertarik untuk singgah di taman buah tersebut.

‘’Ide pak Bupati itu sangat bagus dan menarik untuk dikembangkan. Selain itu Pak Bupati juga menginstruksikan agar di lokasi itu dibangun taman bunga. Jadi masyarakat tidak hanya datang saat musim buah, tapi juga berkunjung untuk menikmati taman bunga,’’ kata pria yang pernah menggeluti dunia jurnalistik ini.

Pihaknya kata Ritata bersama pihak kecamatan sudah turun ke lokasi dan pengelolaannya nantinya akan bekerjasama dengan Kelompok Tani yang ada di Limbur Tembesi.

‘’Kita saat ini masih berkoordinasi dengan Dinas PUPR sebab menurut informasinya aset rest area tersebut tercatat di Dinas PUPR nantinya akan diserahkan ke kita,’’ sebutnya.

Sementara itu salah seorang tokoh masyarakat Limbur Tembesi Lukman Hakim, sangat mendukung rencana Pekab untuk mengembangkan rest area menjadi kawasan Agrowisata.

‘’Ide tersebut sangat bagus, dan kami masyarakat siap mendukung rencana tersebut. Sebab selama ini Rest Area ini masih terbengkalai. Kita harapkan  dengan dijadikan kawasan agrowisata, rest area akan berfungsi secara optimal dan bisa mendongkrak prekonomian masyaraat sekitar,’’ pungkasnya.( AP/Frem )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here