Ribuan E-KTP Rusak, Salah Cetak dan Invalid, Dimusnahkan Disdukcapil

0
205
TuSDK[filter:Normal]

KERINCI Suara Independent- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kabupaten Kerinci musnahkan ribuan keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang sudah rusak, salah cetak dan invalid.

Pelaksana Tugas (Peltu) Kepala Dinas Dukcapil kabupaten Kerinci, Nafritman, membenarkan bahwa pihaknya memusnahkan ribuan e-KTP.

Menurutnya pemusnahan ribuan e-KTP tersebut dikarenakan sudah rusak, salah cetak dan Invalid.

“Ya, kita musnahkan KTP Elektronik yang rusak, salah cetak dan invalid. Yang dibakar itu adalah dari tahun 2011 hingga 2018 saat ini,”sebutnya.

Dikatakanya, untuk jumlah e-KTP yang dimusnahkan dengan cara dibakar tersebut, sebanyak 10.260 keping KTP. Pemusnahan e-KTP berdasarkan surat edaran dari Kementrian Dalam Negeri Nomor : 470.13/11176/SJ. Tentang Penatausahaan eKTP rusak atau invalid  yang bertujuan untuk tertib administrasi sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan, kewaspadaan dalam sistim administrasi kependudukan serta untuk menghindari penyalahgunaan KTP yang rusak atau invalid.

Selain itu, dirinya juga mengimbau, kepada masyarakat yang e-KTP nya rusak untuk dapat menyerahkan kepada Dinas Dukcapil agar ditukar dengan yang baru.

“Kalau masih ada yang rusak, bisa ditukar di kantor sehingga bisa mendapatkan e-KTP yang baru lagi,” pintanya.

Pemusnahkan ribuan e-KTP rusak tersebut dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kerinci, dilaksanakan dihalaman kantor Disdukcapil Kabupaten Kerinci, Jumat (14/12).( Edi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here