Ringankan Biaya Rumah Tangga Melalui Peningkatkan Ekonomi Kawasan Pangan Lestari

0
223

SAROLANGUN . SOI – Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura, Kabupaten Sarolangun berencana mengembangkan kawasan rumah pangan lestari, pada 2018 ini. Kadis Ketahanan Pangan dan Holtikultura, Dulmuin mengatakan, program ini diperuntukkan bagi ibu rumah tangga, agar bisa membantu meringankan beban biaya rumah tangga, terutama untuk mencukupi kebutuhan sayuran dan bumbu dapur.
“Setidaknya nanti kebutuhan belanja sayuran dapat terkurangi dari hasil panen sendiri,” katanya, Senin (15/1).
Nantinya, akan ada 10 kelompok baru untuk mengikuti program ini, kata Dulmuin, sejak 2016 telah ada 32 kelompok yang terdiri dari 15-20 orang per kelompok, yang ikut program peningkatan ekonomi rumah tangga lewat pemanfaatan pekarangan rumah.
Selain dari pihak Dinas Ketahanan Pangan, kata Dulmuin, pihaknya akan bekerjasama dengan penyuluh untuk melakukan pembinaan. “Jadi bagaimana cara menanam di polibag, pengembangannya itu dibina penyuluh,” katanya.
Program ini, lanjut Dulmuin, akan didukung oleh dana APBD yang diperkirakan mencapai Rp 150 juta, selain itu ada dana dari pusat sekitar Rp 200 juta dan bantuan dana provinsi. Dana tersebut akan digunakan untuk pengadaan bibit.
“Selanjutnya dari kelompok itu sendiri untuk pengembangannya,” ujarnya.
Sumber : TRIBUNJAMBI.COM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here