Sekda Kerinci Drs.H.Afrizal,Hs Hadiri Acara Kenduri Sko Lima Desa Jujun

0
1052
Sekda Kerinci Drs. H.Afrizal,Hs di Sambut Oleh Masyarakat Lima Desa Jujun Dengan Pengalungan Bunga Sebagai Tanda Tamu Kerhomatan

KERINCI, SI  – Sekda Kerinci Drs. H. Afrizal, HS, Minggu (15/4/2018), menghadiri acara Kenduri Sko, dan Kenduri sudah Tuai Lima Desa Jujun, Kecamatan Keliling Danau , yakni Desa Talang Lindung, Koto Dian, Koto Agung Pasar Jujun, dan Desa Keluru. Acara berlangsung di Masjid Agung Jujun, Sekda Kerinci menjadi tamu kehormatan. Kenduri sko adalah suatu acara adat yang dilaksanakan oleh masyarakat kerinci dalam melestarikan budaya yang sudah ada sejak zaman nenek moyang mereka. kenduri pusaka dan kenduri sko adalah suatu rangkaian acara adat yang saling berhubungan satu sama lain .
Dalam acara ini juga hadir Asisten I Pemkot Sungaipenuh, Anggota DPRD Kerinci, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Kerinci, Camat, tamu dari Malaysia, Dato Setia H Mohd Isa tokoh masyarakat, dan masyarakat  Lima Desa Jujun

Sekda Kerinci dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Lima Desa Jujun  yang telah mengundang Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci pada acara adat tersebut. Menurut Sekda, Kenduri Sko dan Sudah Tuai merupakan ritual adat yang telah membudaya dan menjadi agenda rutin setiap desa yang ada di Kerinci.
“Kegiatan ini perlu kita lestarikan, sesuai dengan pepatah adat yang mengatakan ‘Adat Bersendikan Syara’, Syara’ Bersendikan Kitabullah’ yang tidak lapuk karena hujan dan tidak lekang karena panas, ” ujarnya.

Sekda Drs. H.Afrizal, Hs menambahkan, yang menjadi fokus dan perhatian dari kegiatan ini adalah bentuk kepedulian mensyukuri rahmat dan karunia yang telah dilimpahkan Allah SWT kepada umatnya.
Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kerinci menyampiakan ucapan selamat kepada pak H. Tafyani Kasim, dan rekan-rekan lainnya yang baru saja dilantik dan kukuhkan sebagai Depati , mudah-mudah, anak buah, anak ponakan masa-masa yang akan datang betul-betul terarah dan terajun demi peningkatan kesejahteraa masyarakat desa jujun ini, “ ujar Sekda

“ Mudah-mudahan   berharap dengan adanya pelaksanaan kenduri sko setiap kurun waktu tertentu ini, akan menambah eratnya kekerabatan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan serta rasa kebersamaan antara sesama kita,” tandasnya.
Sementara itu, ketua pelaksana Kenduri Sko dan Sudah Tuai Lima Desa Jujun, menyampaikan terima kasih kepada Sekda Kerinci rombongan yang telah hadir dalam acara ini ( Edi.T )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here