Warga Pengasi Lama Butuh Jembatan Gantung

0
953

KERINCI, SI  – Agar ekonomi masyarakat meningkat dengan signifikan, tentunya harus dibarengi dengan infrastruktur yang bagus. Namun tidak seperti halnya di Desa Pengasi Lama, Kecamatan Bukit Kerman, Kabupaten Kerinci.

Dimana, saat ini mereka membutuhkan jembatan gantung yang nantinya sebagai jalur satu-satunya untuk membawa hasil panen mereka, selain dari harus menyebrangi sungai.

Salah satu tokoh masyarakat Pengasi, Zulfan mengatakan bahwa di Desa Pengasi lama terdapat Puluhan hektar sawah dan Ratusan hektar kebun yang berada disebrang sungai. Selama ini, untuk membawa hasil panen seperti padi dan hasil perkebunan warga, warga sekitar terpaksa menyebrangi sungai yang kedalamannya setinggi leher orang dewasa.

Tentunya hal tersebut membuat resiko lebih membahanyakan, seperti terbawa arus hingga hasil panen akan basah. Apalagi ketika air sungai sedang naik, warga terpaksa menyewa rakit atau perahu warga yang disediakan untuk membawa hasil panen. “Kadang bagi yang tua-tua tidak bisa menyebrang sungai, juga terpaksa main upah, tentunya akan mengeluarkan biaya yang lumanyan besar,” ujarnya.

Kondisi seperti ini sambung Zukfan, sudah dirasakan oleh masyarakat Desa Pengasi lama hingga Puluhan Tahun. “Ya, mau gimana lagi, kondisi itu terpaksa harus dijalani, karna umumnya warga Pengasi bergantung hidup dari sawah dan ladang,” ungkapnya.

Untuk itu lanjutnya, warga Desa Pengasi Lama sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci untuk segera membangun jembatan gantung, agar warga sekitar lebih mudah untuk mebawa hasil panen., ” ujarnya. (Edi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here